Selamat Idul Fitri 1435H

Kepada seluruh pelanggan pengguna MedPP di seluruh tanah air dan semua dokter di Indonesia, kami mengucapkan Selamat Idul Fitri 1435 H, Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah berkenan melimpahkan berkah rejeki dan kesehatan kepada kita semua.

Untuk anda yang belum sempat melihat Software Praktek Dokter MedPP, silahkan download video presentasi dan cara pemakaiannyan di http://www.medpp.com/download

Selamat berlibur dan bersilaturahmi dengan semua keluarga, kolega, rekan dan tetangga.

Posted in Artikel Umum, Download MedPP | Leave a comment

Software Dokter Umum

Software Dokter Umum adalah yang paling general dari semua model software yang dipergunakan untuk praktek dokter umum. Secara mendasar terdiri dari :

  1. Data Pasien
  2. Data Riwayat Medis
  3. Data Billing
  4. Data Persediaan Obat
  5. Perjanjian Pasien

Masih ada beberapa fitur lainnya yang sebenarnya diperlukan, namun tidak menjadi keharusan, seperti misalnya :

  1. Database ICD-X
  2. Pendaftaran Pasien
  3. Monitoring progress pasien hingga sembuh

Untuk melihat fasilitas yang lengkap untuk sebuah software dokter umum dapat dilihat pada spesifikasi aplikasi MedPP yang memang dirancang berdasarkan kebutuhan seorang Dokter Umum (General Practitioner).

Software Dokter Umum

Software Dokter Umum

Software Dokter yang biasanya agak spesifik kebutuhannya adalah Software Dokter Gigi, Dokter Hewan dan Dokter Kecantikan, namun demikian mereka tetap dapat menggunakan software seperti MedPP ini.

Software ini bisa digunakan oleh dokternya sendiri saja, atau dokter yang melakukan praktek dengan dibantu asisten pendaftaran, menggunakan dua komputer. Satu komputer digunakan oleh asisten untuk mencatat pendaftaran pasien dan membuat data pasien baru jika pasien tersebut belum pernah berobat sebelumnya, sehingga dokter bisa konsentrasi pada pemeriksaan pasien saja.

Satu komputer lagi digunakan oleh dokternya, untuk mengisi data riwayat medis, dan obat yang diberikan. Idealnya menggunakan Notebook atau Netbook, supaya bisa dibawa bawa oleh dokternya.

Posted in Software Dokter | Leave a comment

Peran dan Fungsi Dokter di Masyarakat

Fungsi dokter adalah menyelenggarakan upaya pemeliharaan kesehatan dasar paripurna dengan menggunakan pendekatan menyeluruh  untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh individu dalam keluarga  dan oleh setiap anggota keluarga dalam kelompok masyarakat yang memilihnya  sebagai mitra utama pemeliharaan kesehatan.
Untuk itu diperlukan sudah sepatutnya jika alat bantu seperti Software Praktek Dokter MedPP dipergunakan untuk membantu menata data medis pasien dengan baik, mudah dan efisien.
Software Praktek Dokter

Software Praktek Dokter

Prinsip dalam menjalankan fungsinya sebagai pelayankesehatan yang harus diterapkan :
•  Memberikan pelayanan secara komprehensif atau dengan kata lain adalah pelayanan yang paripurna.Dokter sebagai mitra, konsultan, atau penasihat di kala sakit dan sehat.
•  Memberikan pelayanan secara bersinambungan:terus menerus, mulai dari konsepsi (pembuahan/dalam rahim) sampai mati dan tentu saja selama sakit sampai sembuh dan sehat kembali. Rekam Medisyang handal dan kerjasama.
•  Memberikan pelayanan yang koordinatif dan kolaboratif. Kerjasama dengan para spesialis yang dikoordinasikan Dokter sebagai kolaborasi saintifik yang handal untuk meningkakan kepercayaanpasien kepada pelayanan medis yang disediakan.
•  Mengutamakan pencegahan.Pencegahan di sini berarti luas (penyuluhan, vaksinasi, upaya KB, pemeriksaan kehamilan, dan pemantauan tumbuh-kembang anak, membuat diagnosis dini dan memberikanpengobatan yang cepat dan tepat, membuat rujukan cepat dsb)
•  Mempertimbangkan keluarganya. Bahwa pasien adalah bagian dari keluarganya. Saling-aruh (interaksi) antara pasien  dan keluarganya merupakan salah satu fokus perhatian Dokter.
•  Mempertimbangkan komunitasnya. Dokter mengingat bahwa pasien merupakan bagian dari komunitasnya baik di lingkungan tempat tinggal maupun kerjanya.

Dalam prakteknya, seorang dokter akan memerlukan alat bantu berupa software praktek dokter seperti MedPP.

Posted in Artikel Umum, Software Praktek Dokter | Leave a comment

MANUSIA SELALU INGIN TAHU

(Asal muasal Lahirnya Sebuah Penemuan)

Ilmu Pengetahuan berawal pada kekaguman manusia akan alam yang dihadapinya, baik alam besar (macro cosmos), maupun alam kecil (micro-cosmos). manusia sebagai animal rational dibekali hasrat ingin tahu. Sifat ingin tahu manusia telah dapat disaksikan sejak manusia masih kanak-kanak.

Pertanyaan-pertanyaan seperti “ini apa?”, “itu apa?” telah keluar dari mulut kanak-kanak. Kemudian timbul pertanyaan-pertanyaan “mengapa begini?”, “mengapa begitu”, dan selanjutnya berkembang menjadi pertanyaan-pertanyaan semacam “bagaimana hal itu terjadi?”, “bagaimana memecahkannya”, dan sebagainya. Bentuk-bentuk pertanyaan seperti di atas itu juga telah ditemukan sepanjang sejarah manusia. Manusia berusaha mencari jawaban atas berbagai pertanyaan itu; dari dorongan ingin tahu manusia berusaha mendapatkan pengetahuan mengenai hal yang dipertanyakannya. Di dalam sejarah perkembangan pikir manusia ternyata yang dikejar itu esensinya adalah pengetahuan yang benar, atau secara singkat disebut kebenaran.

Hasrat ingin tahu manusia terpuaskan kalau dia memperoleh pengetahuan mengenai hal yang dipertanyakannya. Dan pengetahuan yang diinginkannya adalah pengetahuan yang benar. Pengetahuan yang benar atau kebenaran memang secara inheren dapat dicapai manusia, baik melalui pendekatan non-ilmiah maupun pendekatan ilmiah.

Pendekatan ilmiah menuntut dilakukannya cara-cara atau langkah-langkah tertentu agar dapat dicapai pengetahuan yang benar mengenai hal yang dipertanyakannya. Bahkan di kalangan masyarakat banyak pendekatan non-ilmiah ini yang banyak terjadi. Namun tidak semua orang melewati tertib pendekatan ilmiah itu untuk sampai kepada pengetahuan yang benar mengenai hal yang dipertanyakannya. Bahkan di kalangan masyarakat banyak pendekatan non-ilmiah inilah yang banyak terjadi.

A. Pendekatan Non-Ilmiah.
Ada beberapa pendekatan non-ilmiah ini yang banyak digunakan, yaitu (1) akal sehat, (2) prasangka, (3) intuisi, (4) penemuan kebetulan dan coba-coba, (5) pendapat otoritas ilmiah dan pikiran kritis.

1. Akal Sehat
Akal sehat dan ilmu adalah dua hal yang berbeda sekalipun dalam batas tertentu keduanya mengandung persamaan. Menurut Conant yang dikuptip Kerlinger (1973, h. 3)

AKAL SEHAT adalah serangkaian konsep dan bagian konseptual yang memuaskan untuk penggunaan praktis bagi kemanusiaan.

KONSEP adalah kata yang menyatakan abstraksi yang digeneralisasikan dari hal-hal yang khusus. Bagan konsep adalah seperangkat konsep yang dirangkaikan dengan dalil-dalil hipotesis dan teoritis.

Walaupun akal sehat yang berupa konsep dan bagan konsep itu dapat menunjukan hal yang benar,namun dapat pula menyesatkan. Pada abad ke-19 menurut akal sehat yang diyakini oleh banyak pendidik hukuman adalah alat utama dalam pendidikan. Penemuan ilmiah tenyata membantah kebenaran akal sehat tersebut. Hasil penelitian dalam bidang psikologi dan pendidikan menunjukan bahwa bukan hukuman yang merupakan alat utama pendidikan, melainkan ganjaran.

2. Prasangka
Pencapaian pengetahuan secara akal sehat diwarnai oleh kepentingan orang yang melakukannya. Dengan akal sehat orang cenderung ke arah pembuatan generalisasi yang terlalu luas, yang lalu merupakan prasangka.

3. Intuisi
Dalam pendekatan intuitif orang menentukan “pendapat” mengenai sesuatu berdasar atas “pengetahuan” yang langsung atau didapat dengan cepat melalui proses yang tak disadari atau yang tidak dipikirkan lebih dahulu. Dengan intuisi orang memberikan penilaian tanpa didahului sesuatu renungan. Pencapaian pengetahuan yang demikian itu sukar dipercaya. Di sini tidak terdapat langkah-langkah yang sistematik dan terkendali.

Metode yang demikian itu biasa disebut metode a priori. Dalil-dalil seseorang yang a priopri cocok dengan penalaran, belum tentu cocok dengan pengalaman atau data empiris.

4. Penemuan coba-coba atau Kebetulan
Sepanjang sejarah manusia, penemuan secara kebetulan itu banyak terjadi, dan banyak di antaranya yang sangat berguna. Penemuan secara kebetulan diperoleh tanpa rencana, tidak pasti, serta tidak melalui langkah-langkah yang sistematik dan terkendali (terkontrol).

5. Pendapat Otoritas Imiah dan Pikiran Kritis
Otoritas ilmiah adalah orang-orang biasanya telah menempuh pendidikan formal tertinggi dalam sesuatu bidang cukup banyak. Pendapat mereka sering diterima orang tanpa diuji, karena dipandang benar. Namun pendapat otoritas ilmiah itu tidak selamanya benar. Ada kalanya, atau bahkan sering, pendapat mereka itu ternyata tidak benar. karena pendapat tersebut tidak didasarkan pada penelitian, melainkan hanya didasarkan atas pemikiran logis.

B. Pendekatan Ilmiah
Pengetahuan yang diperoleh dengan pendekatan ilmiah diperoleh melaui penelitian ilmiah dan dibangun di atas teori tertentu. Teori itu berkembang melalui penelitian ilmiah, yaitu penelitian yang sistematik dan terkontrol berdasar atas data empiris. Teori itu dapat diuji (dites) dalam hal keajegan dan kemantapan internalnya. Artinya jika penelitian ulang dilakukan orang lain menurut langkah-langkah yang serupa pada kondisi yang sama akan diperoleh hasil yang ajeg (consistent), yaitu hasil yang sama atau hampir sama dengan hasil terdahulu. Pendekatan ilmiah akan menghasilkan kesimpulan yang serupa bagi setiap orang, karena pendekatan tersebut tidak diwarnai oleh keyakinan pribadi, bias dan perasaan. Cara penyimpulannya bukan subyektif, melainkan obyektif.

Dengan ini terbuktilah betapa besarnya manfaat dari rasa ingin tahu manusia, Karenanya bisa menghasilkan penemuan-penemuan ilmiah baru dan tekhnologi baru untuk mempermudah kinerja manusia dan untuk kehidupannya.

Software Praktek Dokter

Posted in Artikel Umum | Leave a comment

Penggunaan Software Praktek Dokter

MedPP merupakan software praktek dokter yang ditujukan untuk memudahkan pencatatan rekam medis pasien, baik berupa data demografi pasien (nama, tanggal lahir, alamat, dll) , data anamnesa maupun data terapi yang diberikan. Software ini ditujukan untuk digunakan oleh Dokter yang melakukan Praktek Pribadi.

Diantara berbagai Software Praktek Dokter yang tersedia, MedPP ditujukan sebagai software yang di install pada netbook atau notebook yang digunakan oleh Dokter. Terutama dokter umum dan dokter keluarga.

Dokter Spesialis juga bisa menggunakan software aplikasi ini untuk praktek pribadinya. Dokter Gigi, Mantri Kesehatan, Dokter Kosmetik Kecantikan, Dokter Kulit dan juga Bidan.

Penggunaan Software Praktek Dokter juga akan meningkatkan kredibiltas dan bonafiditas dokter dimata pasien, sehingga diharapkan menimbulkan sugesti positif akan keyakinan dan keoptimisan seorang pasien terhadap kemampuan dokternya yang diharapkan juga menunjang proses penyembuhan pasien. Biar bagaimanapun keoptimisan pasien terhadap kemampuan dokternya itu sangat penting secara psikologis.

Fasilitas yang terdapat pada software MedPP dapat dilihat pada halaman ini.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Software Dokter Gratis

Sebuah software dokter gratis bisa saja memenuhi keperluan seorang dokter yang melakukan praktek pribadi sebagai dokter umum atau dokter spesialis. Tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu software dokter gratis yang mungkin bisa ditemukan di internet, anda mungkin bisa mendownloadnya dengan gratis dan mencobanya.

Pertanyaan pertama yang harus diajukan sebenarnya adalah kenapa software dokter itu digratiskan, pasti ada alasannya, namun demikian jika anda tidak memiliki cukup waktu untuk mencoba-coba semua Software Dokter Gratis yang tersedia, untuk itu anda bisa mencoba salah satu yang sudah teruji dan digunakan oleh dokter yang melakukan praktek pribadi, baik sebagai dokter umum, dokter gigi, internist ataupun dokter spesialis lainnya.

Software Dokter yang bisa anda lihat demonya terlebih dahulu dengan Gratis adalah MedPP. Download video nya di http://www.medpp.com/download.html

Dalam video Software Dokter Gratis ini anda dapat melihat bagaimana software ini dipergunakan dalam kegiatan praktek dokter tanpa harus melakukan instalasi softwarenya.

Untuk membeli program ini anda cukup mengirimkan SMS ke nomor yang tertera di halaman ini .

Posted in Software Dokter, Software Praktek Dokter | Tagged , , , | Leave a comment

Software Klinik dan Praktek Dokter

Software Klinik Medis berbeda sedikit dengan Software Praktek Dokter Pribadi (Private Practice), perbedaan yang utama terletak pada konsep dan filosofinya. Sesuai dengan namanya, software praktek dokter digunakan oleh dokter yang melakukan praktek pribadi, baik di rumah, di klinik pribadi maupun sebagai dokter keluarga yang mendatangi pasiennya. Atau bisa juga dokter perusahaan yang praktek sendirian dilokasi tertentu.

Idenya adalah dokter bisa membawa data medis pasiennya kemana saja dengan netbook atau notebook nya. Netbook lebih sesuai dan sudah sangat memadai serta memiliki baterai yang jauh lebih awet dibandingkan dengan notebook, bisa beroperasi dengan baterai hingga 5 jam.

Intinya data medis tersebut hanya digunakan oleh satu orang dokter. Tidak ada dokter lainnya. Kalau toh ada maka dokter itu akan menggunakan komputer yang sama.

Software Klinik Medis, harus memiliki fitur dimana banyak dokter dapat menggunakannya dengan data medis pasien yang sama dan bisa di akses oleh semua dokter.

Klinik yang dimaksud adalah klinik dengan banyak dokter, seperti misalnya Praktek Dokter Bersama. Software Klinik harus memiliki semua fitur yang ada untuk dokter pribadi ditambah dengan berbagai kemampuan lainnya sesuai dengan kebutuhan klinik. Seperti misalnya fitur khusus untuk kasir yang terpisah, fitur nota penjualan kantin atau barang umum lainnya, bahkan fitur untuk unit lainnya seperti misalnya pemeriksaan laboratorium, radiologi dan apotek.

Seperti apa fungsi fungsi yang minimum harus tersedia dalam aplikasi praktek dokter dan klinik dapat dilihat di sini

Posted in Software Klinik, Software Praktek Dokter | 3 Comments

Salam Semangat

Pernah anda merasa terlalu rumit dengan segala pencatatan dan penumpukkan file yang membuat debu di mana-mana?

Setiap saat harus meng update secara manual satu-satu dalam setiap lembaran kartu, mencari data dengan urutan abjad di file yang sudah bertumpuk?

Itu dulu, mengapa harus repot, dimana kita bisa menghemat waktu dan tenaga dengan bantuan Program yang sudah di rancang tuk memenuhi masalah keadministrasian yang membuat anda dan staf anda tinggal KLIK semudah anda mengarahkan telunjuk anda.

maka segeralah KLIK www.MEDPP.com maka anda akan menemukan program yang sangat membantu anda melakukan tugas-tugas anda dengan mudah.

Posted in Teknologi Informasi | Leave a comment

Benefit Software Praktek Dokter

Sebuah sistem informasi dalam kegiatan seorang dokter memiliki peran yang tidak dapat dipungkiri, terutama di rumah sakit, klinik besar dan juga praktek pribadi. Semuanya tentu memiliki karakteristik dan tujuan utama yang berbeda.

Software Praktek Dokter seperti MedPP juga memberikan benefit yang spesifik untuk sebuah kegiatan Praktek Pribadi (Private Practice). Apapun jenis praktek pribadinya, bisa dokter umum (General Practitioner) , maupun dokter spesialis dan dokter gigi (Dentist).

Benefit MedPP sebagai sebuah software praktek dokter lebih ditujukan untuk dokter umum yang melakukan praktek tunggal atau praktek individual, bukan untuk sebuah klinik praktek bersama.

Benefit yang utama adalah terkait dengan registrasi pasien dana data rekam medis pasien. Sistem registrasi pasien dan penyimpanan data rekam medis pasien dalam software praktek dokter MedPP akan sangat memudahkan seorang dokter dalam memberikan pelayanan kepada pasien, terutama dari segi kecepatan pencarian data dan kerapihan penyimpanan data.

Data pasien yang sudah diregistrasi dan data rekam medis pasien disimpan dalam satu folder di dalam komputer yang ada di ruang praktek pribadi dokter. Jika dokter praktek di lebih dari satu tempat maka bisa saja program praktek dokter ini disimpan dalam sebuah netbook atau notebook, sehingga bisa dibawa kemana-mana sesuai dengan keberadaan dokter yang memberikan pelayanan kesehatan.

Tidak perlu lagi harus menggunakan lemari filing cabinet yang tidak praktis dan merepotkan pencarian dan penyimpanannya.

Posted in Software Praktek Dokter | Leave a comment